Tugas Berlatih Menulis

Standar

Nama : Rindriana Martasari Putri

Jurusan : TKJMD

 

Pendapat Saya tentang mata kuliah Berlatih Menulis ini adalah sangat bermanfaat bagi saya dan menambah pengetahuan saya tentang bagaimana cara penulisan yang baik dan benar, bagaimana menulis dengan cara membuang pikiran dan sebagainya. Saya yang pada dasar nya hobi membaca baik itu buku pelajaran, novel dan sebagainya. Menjadi lebih mudah dalam menuangkan isi pikiran saya menjadi sebuah tulisan. Pada pertemuan minggu kemarin saya sudah membuat tulisan dengan cara membuang pikiran, dan berikut ini adalah hasilnya dalam waktu 5 menit.

Latihan Pertama

Saat ini saya sedang memikirkan tugas mata kuliah script writing yaitu mengembangkan cerpen original yang sudah saya buat menjadi sebuah skenario yang berisikan komposisi gambar, waktu kejadian, dialog para pemainnya. Setelah skenario selesai dibuat, maka kita diwajibkan untuk menyisipkan photo atau adegan dari tiap scene. Saya masih bingung siapa yang akan menjadi talent untuk skenario saya nanti. Dan akan take dimana untuk pengambilan photo-photo nya.

Materi yang saya dapatkan dan saya cerna ketika mengikuti mata kuliah berlatih menulis yaitu :

– 3 Tahapan Menulis

  1. Membuang Pikiran
  2. Mengolah Pikiran (mengikat makna)
  3. Menemukan Gagasan

– Membangun dan memiliki dua keterampilan dasar menulis

  1. Keterampilan “membuang” pikiran orisinal (menulis untuk “mengeluarkan diri unik anda”)
  2. Keterampilan merangkai kata-kata bermakna (menulis untuk “mengonstruksi [menyusun] berbagai keunggulan anda”)

* Dalam kegiatan menulis tidak boleh dibarengi dengan mengoreksi.

Ada 3 pertanyaan yang ingin saya tanyakan :

1. saya sangat gemar sekali membaca buku entah itu novel ataupun buku pelajaran. nah, jika setelah membaca novel ataupun buku tersebut saya ingin membuang pikiran saya ke dalam sebuah tulisan. maka langkah awal apa yang seharusnya saya lakukan?

2. saya terkadang suka merasa buntu atau tidak ada ide lagi ketika di tengah perjalanan sedang menulis. hal apa yang perlu saya lakukan agar bisa mendapatkan ide lagi?

3. bagaimana cara cepat untuk dapat berlatih menulis mengikat makna secara baik dan benar?

 

Tinggalkan Balasan

