Tugas Membuat Artikel di Blog Tentang Konsep OOP

Standar

Pada tugas ke 2 OOP kali ini, saya akan membuat suatu program aplikasi yang sangat sederhana menggunakan java. Disini saya akan membuat program aplikasi penghitung luas lingkaran:

Pertama kita buat public class terlebih dahulu. Disini saya membuat Public Class dengan nama RindriLingkaran.

-Lalu ketikkan perintah public static void main (String [] args) {
atau perintah cepatnya cukup ketik saja psvm lalu tab.

-Setelah itu masukkan rumus untuk menghitung luas lingkaran. Karena rumus menghitung luas lingkaran adalah π r².

-Maka pertama saya menginput double P = 22/7; untuk memasukkan π nya.

-Lalu saya input double r = 7; berikut ini inputan untuk memasukkan jari-jarinya.

-Selanjutnya saya input double L = P*r*r; berikut ini inputan untuk memasukkan rumus luas lingkaran.

-Yang terakhir saya input System.out.println(“hasil =”+L); berikut ini inputan untuk mencetak hasil perhitungan luas lingkaran.

-Apabila rumus yang di masukkan sudah benar semua. Maka program aplikasi sederhana ini dapat di jalankan atau di RUN. Lalu di output nya pun akan tercetak hasilnya.

-Dibawah ini sudah tertera hasil nya yaitu 147,0

 

Tinggalkan Balasan

